Senin, 03 Oktober 2011

Video Tari Tradisional Gacar Karya Sumardi, S.Pd.


Video Tari Tradisional Gacar ini merupakan sebuah visualisasi tari tradisional karya Sumardi, S.Pd., guru SMP Negeri 6 Tuban, Jawa Timur. Gacar, dalam sosiologi masyarakat Tuban berarti mengambil sisa-sisa panen hasil pertanian. Dengan demikian, muncul istilah gacar kacang, gacar jagung, dan gacar hasil pertanian lainnya. Tarian ini dibawakan oleh 3 orang penari perempuan dengan membawa wadah sebagai simbol tempat menaruh hasil gacaran. Ditampilkan secara dinamis yang melambangkan semangat masyarakat Tuban dalam bekerja.
Sebagai penata tari, Sumardi sudah menghasilkan puluhan karya tari hasil garapannya. Salah satunya adalah tari Gacar yang diproduksi oleh Studio Energi milik Agung Wicaksono. Tari karya Sumardi juga sering ditampilkan di TVRI Surabaya. Beberapa penghargaan sebagai penata tari terbaik juga sering diraihnya. Dalam setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban, Sumardi juga ikut terlibat dalam penggarapan Sendratari Ronggolawe Winisudha, bahkan ikut tampil sebagai penari.
Yang cukup unik dari Sumardi selaku penata tari adalah ketika melangsungkan resepsi pernikahannya. Ketika sedang duduk manis di kursi pelaminan, tiba-tiba Sumardi beserta Istrinya yang juga penata tari dan penata busana, tampil menari menghibur undangan dengan tetap mengenakan busana pengantin. Sepasang Pengantin  sedang menari di altar resepsi pernikahan.

2 komentar:

Usaha Bisnis Iklan Baris mengatakan...

Iki Gacar kacang opo gacar jagung?

Unknown mengatakan...

alangkah baiknya jika kita selalu mengunggah atau mempublikasikan karya-karya anak bangsa #anak Tuban. hal semacam inilah yang akan mengangkat nilai seni dan budaya khususnya kota Tuban, tak hanya itu, melalui cara inilah akan meningkatkan citra kota Tuban. :) izin share untuk mempublikasikan karya maupun pernak-pernik khas Tuban. salam anak magang dari Unidu Jombang.

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons